FAQ

  1. Apa itu Tinkerlust?
    Tinkerlust adalah fashion startup di Jakarta yang memudahkan orang-orang untuk menjual dan membeli barang pre-loved. Cari tahu lebih lanjut tentang siapa kami.

  2. Bagaimana Tinkerlust menjual barang?
    Untuk saat ini, kami menjual barang melalui website dan Instagram. Kami selalu meningkatkan tampilan dan konten website kami untuk memuaskan pengguna dengan sebaik mungkin. Dalam waktu beberapa bulan ke depan, kami akan membuka website kami untuk umum. Ketika sudah diluncurkan maka semua penjualan dan pembayaran akan diproses melalui website kami.

  3. Apa tipe merek yang Tinkerlust miliki sekarang?
    Di Tinkerlust, kami menjual high-end brands dan lower-end brands. Saat ini, kami memiliki merek seperti Chanel, Burberry, Celine, Lanvin dan juga Zara, H&M, Mango, dan lain-lain. Lihat lebih lanjut mengenai daftar brand.

  4. Siapakah orang-orang di balik Tinkerlust?
    Tim kami terdiri dari orang-orang yang memiliki jiwa muda dan passion di industri fashion. Apabila kamu memiliki apa yang diperlukan untuk bergabung dengan kami, pelajari lebih lanjut mengenai kesempatan berkarier.

  1. Berapa banyak barang yang bisa saya jual di Tinkerlust? Apakah terdapat batas maksimum jumlah barang?
    Kami tidak memiliki batas maksimum jumlah barang yang akan dijual, Anda dapat menjual barang sebanyak apapun yang Anda mau. Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa Tinkerlust akan men-curate atau menyeleksi barangmu dan menolak beberapa yang tidak sesuai dengan apa yang kami cari.

  2. Berapa kisaran harga untuk barang saya (contoh: dress, sepatu, ikat pinggang)? Berapa harganya untuk per satu barang?
    Sistem pemberian harga untuk barang akan disesuaikan dengan merek dan kualitas barang tersebut.

  3. Bagaimana cara mengirimkan barang ke Tinkerlust?
    Kami memiliki dua cara yaitu PICK UP dan DROP OFF yang dapat Anda pilih saat mendaftarkan diri menjadi Seller di Tinkerlust

  4. Siapa yang akan melakukan curate atau seleksi pada barang saya? Apa latar belakangnya?
    Fashion stylist kami akan melakukan curate pada barang Anda. Ia memiliki latar belakang di dunia fashion dan berpengalaman dalam menjalankan bisnis fashion.

  5. Apa pertimbangannya ketika melakukan curate atau seleksi pada barang saya?
    Pertimbangan dalam proses seleksi barang akan bergantung pada kualitas dan model dari barangmu. Tinkerlust tidak menjual barang yang sudah rusak atau out of style.

  6. Berapa lama proses curate atau seleksi dilakukan?
    Proses curate berlangsung sekitar 3 sampai 5 hari kerja.

  7. Dapatkan saya melihat bagaimana Tinkerlust melakukan curate atau seleksi pada barang saya? Dapatkan Tinkerlust melakukan curate di depan saya?
    Sayangnya kami tidak dapat melakukan hal tersebut. Tinkerlust akan mengurus barang Anda secara hati-hati dan barang Anda dapat dipastikan aman di tangan kami.

  8. Dapatkah Tinkerlust menaikan harga barang saya? Sudahkah Tinkerlust membandingkannya dengan harga aslinya?
    Kami akan memberikan rekomendasi harga untuk barang-barang Anda. Akan tetapi, apabila Anda tidak setuju dengan harga yang kami ajukan maka Anda dapat menentukan harganya sendiri.

  9. Mengapa Tinkerlust menolak barang saya?
    Apabila kami menolak barang Anda, alasannya adalah karena barang tersebut adalah replikasi desainer, sudah rusak, atau out of style.

  10. Dapatkah saya tetap menyimpan barang yang sudah ditolak di Tinkerlust? Tinkerlust dapat menentukan harga barang saya yang ditolak tersebut.
    Sayangnya kami tidak bisa melakukan hal tersebut. Kami hanya menjual barang-barang yang sudah kami curate atau lolos seleksi.

  11. Berapa harga asli dari barang yang akan saya jual?
    Tim kami akan melakukan riset pada harga asli dari barang Anda dan akan memberikan informasi tersebut kepada Anda dalam kurun waktu maksimal 5 hari kerja.

  12. Apakah pertimbangan Tinkerlust dalam memberikan rekomendasi harga? Sejujurnya, barang saya cukup mudah ditemukan di mall.
    Kami akan mempertimbangkan kualitas produk, style, dan merek.

  13. Berapa lama barang saya akan berada di Tinkerlust?
    Barang yang sudah kami curate akan berada di penyimpanan kami selama maksimum 3 bulan. Setelah 3 bulan, kami akan memberikan pilihan bagi Anda untuk mengambil kembali atau menurunkan harga barang Anda.

  14. Dapatkah saya melihat ruang penyimpanan Tinkerlust?
    Tidak bisa. Kami dapat memastikan bahwa barang Anda aman dan terjaga kebersihannya dalam ruang penyimpanan kami.

  1. Apakah saya harus membuat akun untuk membeli barang di Tinkerlust?
    Ya, dengan membuat akun pada website kami, Anda dapat melakukan proses pembelian dengan lebih cepat, memasukkan beberapa alamat shipping secara sekaligus, melihat dan memantau pesanan Anda, dan lain-lain.

  2. Apa yang akan saya dapatkan ketika saya sudah menyelesaikan pesanan saya? Anda akan mendapatkan persetujuan pembayaran pada akun Tinkerlust Anda dan invoice pada akun email yang sudah Anda daftarkan di Tinkerlust.

  3. Metode pembayaran apa yang Tinkerlust terima?
    Untuk saat ini, Tinkerlust hanya menerima pembayaran melalui bank transfer.

  4. Dapatkah saya membatalkan pesanan saya?
    Batas waktu bagi Anda untuk melakukan pembayaran adalah 1x24 jam sejak melakukan pesanan. Apabila Anda tidak melakukan proses pembayaran pada waktu tersebut, maka pesanan Anda akan batal secara otomatis.

  1. Apakah Tinkerlust menyediakan pengiriman internasional?
    Untuk saat ini, kami hanya melakukan pengiriman di Indonesia. Mungkin kami akan memperluas jangkauan pengiriman kami ke internasional di masa yang akan mendatang.

  2. Kapan Tinkerlust akan mengirim barang yang sudah saya beli?
    Kami akan melakukan pengiriman dalam waktu 1 hari kerja setelah Anda melakukan pembayaran. Kami hanya akan melakukan proses pengiriman selama jam kerja dari Senin sampai Jumat.

  3. Siapa yang akan melakukan pengiriman bagi barang yang sudah saya beli?
    Kami JNE Shipping Company atau TIKI untuk melakukan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia.

  4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk barang yang sudah dibeli untuk sampai ke alamat yang dituju?
    Pembeli akan dikenakan biaya pengiriman sesuai dengan area pengiriman dan jenis layanan JNE atau TIKI.

  5. Apakah terdapat peraturan atau batasan pengiriman yang harus saya ketahui?

    • Tinkerlust tidak bertanggung jawab atas segala resiko kehilangan setelah JNE atau TIKI melakukan pengiriman ke alamat tujuan.

    • Pembeli bertanggung jawab apabila JNE atau TIKI tidak dapat mengirimkan barang karena alamat tidak lengkap, tidak ada penerima di alamat tertuju, atau penerima menolak barang yang telah dikirim.

    • Apabila barang dikembalikan kepada kami, pembeli diwajibkan untuk membayar kembali biaya pengiriman apabila kesalahan terjadi pada pihak pembeli.

    • Apabila terdapat kesalahan pengiriman dari pihak Tinkerlust, kami akan memberikan pengiriman gratis kepada pembeli.

    • Kami tidak bertanggung jawab untuk penambahan tagihan dan biaya layanan. Apabila Anda memutuskan untuk menolak pengiriman, Anda bertanggung jawab atas semua biaya yang dikenakan oleh perusahaan kurir, baik untuk pengiriman atau pengembalian barang kepada kami.

  1. Dapatkan saya mengembalikan barang yang telah saya beli?
    Ya. Apabila Anda menerima barang yang tidak sesuai dengan daftar atau barang yang salah, Anda dapat melaporkan masalah tersebut kepada kami dalam waktu 3 hari setelah pengiriman.

  2. Dapatkan saya mengembalikan barang yang telah saya beli setelah periode waktu 3 hari pengembalian barang?
    Tidak. Kami khawatir dengan kemungkinan barang telah dipakai atau mengalami kerusakan sehingga ketentuan pengembalian kami tidak bisa mengidentifikasi masalah tersebut secara akurat.

  3. Bagaimana saya mengajukan klaim apabila saya ingin mengembalikan barang yang sudah saya beli?
    Harap menghubungi Layanan Konsumen kami di hello@tinkerlust.com dan jelaskan klaim Anda. Kami akan secara teliti melakukan review pada setiap klaim dari pembeli atas barang yang tidak sesuai. Anda juga harus melampirkan beberapa dokumen pendukung seperti bukti pembelian, foto produk, dan daftar masalah yang dialami.

  4. Barang apa yang dianggap tidak sesuai?
    Berikut ini adalah alasan pembeli mengembalikan barang yang tidak sesuai:

    • Barang yang Anda beli terdaftar sebagai “Brand New with Tags”, tetapi Anda menerima barang lama yang sudah rusak.

    • Barang yang Anda beli berwarna biru, tetapi Anda menerima barang berwarna merah.

    • Anda membeli dress, tetapi Anda menerima rok.

    • Anda menduga bahwa barang yang Anda beli adalah replika designer.

    • Anda membeli sepatu berukuran 7, tetapi Anda menerima sepatu berukuran 9. (Perhatian: hal tersebut dapat beragam untuk sepatu bermerek dalam ukuran Eropa yang memiliki ukuran yang berbeda pada ukuran US. Disesuaikan dengan designer dan style)

  5. Apakah terdapat pertimbangan lain pada barang yang akan saya dikembalikan?
    Tinkerlust membatasi pengembalian barang pada item yang memiliki status “brand new with tags” yang tidak dilindungi oleh ketentuan pengembalian Tinkerlust.

  6. Siapa yang akan menanggung biaya pengembalian barang?
    Pembeli akan menanggung biaya kirim untuk pengembalian barang kepada Tinkerlust.

  1. Apa yang harus saya persiapkan sebelum Tinkerlust mengambil barang saya?
    Anda perlu mempersiapkan box atau kantong untuk menyimpan barang Anda.

  2. Dapatkah saya mengambil barang saya di tengah-tengah proses pengiriman? Bagaimana jika saya ingin mengambil kembali barang-barang saya?
    Anda dapat mengambil kembali barang Anda setelah kami mengambil foto barang Anda. Harap beritahu kami apabila Anda tidak ingin lagi menjual barang Anda.

  3. Apabila Tinkerlust ingin mengembalikan barang saya, kendaraan apa yang akan Tinkerlust gunakan?
    Kami akan mengembalikan barang Anda secara pribadi dengan kendaraan perusahan kami.

  4. Siapa yang akan menemui saya dari pihak Tinkerlust?
    Tim kami akan menemui Anda untuk mengambil barang Anda.

  5. Apabila Tinkerlust mengembalikan barang saya, siapa yang akan menanggung biaya pengiriman?
    Tinkerlust akan menanggung biaya pengembalian barang kepada penjual.