FAQ

  1. Apa itu Tinkerlust?
    Tinkerlust adalah fashion startup di Jakarta yang memudahkan orang-orang untuk menjual dan membeli barang pre-loved. Cari tahu lebih lanjut tentang siapa kami.

  2. Bagaimana cara Tinkerlust menjual barang?
    Untuk saat ini, kami menjual barang melalui website dan Instagram. Kami selalu meningkatkan tampilan dan konten website kami untuk memuaskan pengguna dengan sebaik mungkin.

  3. Brand apa saja yang Tinkerlust miliki sekarang?
    Di Tinkerlust, kami menjual high-end brands dan lower-end brands. Saat ini, kami memiliki brand seperti Chanel, Burberry, Celine, Lanvin dan juga Zara, H&M, Mango, dan lain-lain. Lihat lebih lanjut mengenai daftar brand.

  4. Siapakah orang-orang di balik Tinkerlust?
    Tim kami terdiri dari orang-orang yang memiliki jiwa muda dan passion di industri fashion. Apabila kamu memiliki apa yang diperlukan untuk bergabung dengan kami, pelajari lebih lanjut mengenai kesempatan berkarier.

  5. Siapa yang akan menanggung biaya pengembalian barang yang tidak diterima oleh Tinkerlust?
    Jika barang-barang yang dikembalikan / direject lebih banyak dari pada yang kami terima, biaya pengembalian barang akan ditanggung oleh seller.

  1. Barang-barang apa saja yang dapat dijual di Tinkerlust?
    Kami menerima barang-barang wanita seperti baju, tas, sepatu, aksesoris, hingga makeup untuk dijual melalui website kami. Brand atau merk yang kami terima dapat dilihat melalui link “Brand list” kami. Tapi jangan khawatir, list brand ini masih berkembang sehingga kalian dapat menjual lebih banyak lagi barang. But, please make sure! Bahwa barang yang akan dijual adalah barang- barang authentic, tidak ada cacat, tidak ada noda permanen dan masih layak untuk digunakan.

  2. Bagaimana sih cara berjualan di Tinkerlust?
    It’s easy! Hanya dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

    1. Isi data melalui form di “Start Selling” page, silahkan pilih service drop off atau pick up barang beserta dengan waktu yang kamu inginkan
    2. Setelah dikonfirmasi, kamu akan mendapatkan email untuk login untuk masuk kedalam “Seller Dashboard”
    3. Barang-barang kamu akan masuk pada website Tinkerlust dalam waktu 3 hari setelah barang kami terima
    4. Semua status penjualan dapat dicek melalui “Seller Dashboard”

  3. Siapa yang akan menentukan harga barang?
    Harga barang dapat ditentukan oleh kamu atau tim Tinkerlust yang akan memberikan price suggestion berdasarkan harga pasaran.
    Tinkerlust akan menjual barang-barang tersebut dengan harga jual yang telah ditentukan, selama 30 hari. Setelah 30 hari, Tinkerlust akan mendiskonkan harga barang tersebut sebesar 10%. Dan setelah 60 hari, barang tersebut akan di discount lagi dengan total discount 30% dari hari awal jual pertama kali.

  4. Berapa lama hasil penjualan akan dibayarkan?
    Hasil penjualan akan dibayarkan setiap awal minggu pada bulan penjualan terjadi. Contohnya, jika tas kamu terjual pada tanggal 25 Agustus, maka hasil penjualan akan dibayarkan pada minggu pertama bulan September

  5. Berapa lama barang tersebut akan disimpan oleh Tinkerlust?
    Semua barang yang akan dijual akan disimpan di inventory Tinkerlust selama 3 bulan untuk memudahkan pengiriman barang saat adanya penjualan.

  6. Bagaimana proses pick up barang?
    Kami menggunakan Third party untuk melakukan pick up barang.

  7. Kategori barang apakah yang tidak diterima dan tidak dijual di Tinkerlust?
    Adalah beberapa yang tidak diterima oleh Tinkerlust seperti Stocking, Basic T-Shirt, Polo Shirt, Swimsuit, Legging, Workout clothes, Basic Tank top, dan Pakaian batik.

  8. Brand apa sajakah yang tidak diterima oleh Tinkerlust?
    Berikut adalah daftar nama brand yang tidak kami terima untuk dijual seperti No brand, Promod, Er Cetera, The Executive, Accent, Mint, Eprise, G2000, Body & Soul, Minimal Invio, Orange, Magnolia, Yongki Komaladi, Neu'Mor, Avenue, Itang Yunasz, Hammer, Gaudi, Korz, Woman@work, Nyx, Maybelline, Sleek, Tony Moly, Make Over.

  1. Bagaimana cara membeli barang di Tinkerlust?

    1. Pilih barang yang kamu suka dan klik tombol “Add To Cart”
    2. Ketika sudah selesai berbelanja, klik tombol “Proceed Check Out”
    3. Pilih “Register” apabila kamu belum pernah berbelanja sebelumnya di Tinkerlust. Apabila sudah pernah, silahkan “Sign In” ke account kamu.
    4. Isi data kamu seperti shipment address dan billing address
    5. Klik “Complete Order” untuk menyelesaikan pembelian
    6. Kamu akan menerima email berisi invoice pembelian
    7. Setelah melakukan pembayaran, isi form konfirmasi pembayaran melalui link konfirmasi pembayaran yang ada pada email invoice pembelian

  2. Kapan barang saya akan di kirim?
    Pengiriman barang dilakukan pada hari Senin sampai Jumat. Pengiriman akan dilakukan apabila Tinkerlust telah menerima pembayaran dan kalian telah mengisi form konfirmasi pembayaran. Untuk pengiriman dihari yang sama, pembayaran harus kami terima pada pukul 14:00 WIB, jika lebih dari itu maka akan kami proses keesokan harinya. Tidak ada pengiriman pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

  3. Apakah saya boleh mengembalikan barang yang sudah dibeli?
    Silahkan lihat aturan untuk Return Policy untuk ketentuan pengembalian barang.

  1. Apakah Tinkerlust menyediakan pengiriman internasional?
    Untuk saat ini, kami hanya melakukan pengiriman di Indonesia. Mungkin kami akan memperluas jangkauan pengiriman kami ke internasional di masa yang akan datang.

  2. Kapan Tinkerlust akan mengirim barang yang sudah saya beli?
    Untuk pengiriman di hari yang sama, pembayaran harus kami terima pada pukul 14:00 WIB. Melewati pukul 14:00 pengiriman akan dilakukan keesokan harinya. Kami hanya akan melakukan proses pengiriman dari hari Senin hingga Jumat.

  3. Siapa yang akan melakukan pengiriman bagi barang yang sudah saya beli?
    Kami menggunakan layanan TIKI dan J&T untuk layanan pengiriman barang keseluruh wilayah Indonesia.

  4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk barang yang sudah dibeli untuk sampai ke alamat yang dituju?
    Sampainya barang akan tergantung pada proses jasa pengiriman kami dan lokasi pengiriman anda. Idealnya, 3-5 hari barang akan sampai pada pembeli. Anda juga dapat men-track pengiriman barang dengan cara memasukan tracking number yang di kirimkan melalui email.

  5. Apakah terdapat peraturan atau batasan pengiriman yang harus saya ketahui?

    • Tinkerlust tidak bertanggung jawab atas segala resiko kehilangan setelah J&T atau TIKI melakukan pengiriman ke alamat tujuan.

    • Pembeli bertanggung jawab apabila J&T atau TIKI tidak dapat mengirimkan barang karena alamat tidak lengkap, tidak ada penerima di alamat tertuju, atau penerima menolak barang yang telah dikirim.

    • Apabila barang dikembalikan kepada kami, pembeli diwajibkan untuk membayar kembali biaya pengiriman apabila kesalahan terjadi pada pihak pembeli.

    • Apabila terdapat kesalahan pengiriman dari pihak Tinkerlust, kami akan memberikan pengiriman gratis kepada pembeli.

    • Kami tidak bertanggung jawab untuk penambahan tagihan dan biaya layanan. Apabila Anda memutuskan untuk menolak pengiriman, Anda bertanggung jawab atas semua biaya yang dikenakan oleh perusahaan kurir, baik untuk pengiriman atau pengembalian barang kepada kami.

  1. Dapatkah saya mengembalikan barang yang telah saya beli?
    Ya. Apabila Anda menerima barang yang tidak sesuai dengan daftar atau barang yang salah, Anda dapat melaporkan masalah tersebut kepada kami dalam waktu 3 hari setelah pengiriman.

  2. Dapatkan saya mengembalikan barang yang telah saya beli setelah periode waktu 3 hari pengembalian barang?
    Tidak. Kami khawatir dengan kemungkinan barang telah dipakai atau mengalami kerusakan sehingga ketentuan pengembalian kami tidak bisa mengidentifikasi masalah tersebut secara akurat.

  3. Bagaimana saya mengajukan klaim apabila saya ingin mengembalikan barang yang sudah saya beli?
    Harap menghubungi Layanan Konsumen kami di hello@tinkerlust.com dan jelaskan klaim Anda. Kami akan secara teliti melakukan review pada setiap klaim dari pembeli atas barang yang tidak sesuai. Anda juga harus melampirkan beberapa dokumen pendukung seperti bukti pembelian, foto produk, dan daftar masalah yang dialami.

  4. Barang apa yang dianggap tidak sesuai?
    Berikut ini adalah alasan pembeli mengembalikan barang yang tidak sesuai:

    • Barang yang Anda beli terdaftar sebagai “Brand New with Tags”, tetapi Anda menerima barang lama yang sudah rusak.

    • Barang yang Anda beli berwarna biru, tetapi Anda menerima barang berwarna merah.

    • Anda membeli dress, tetapi Anda menerima rok.

    • Anda menduga bahwa barang yang Anda beli adalah replika designer.

    • Anda membeli sepatu berukuran 7, tetapi Anda menerima sepatu berukuran 9. (Perhatian: hal tersebut dapat beragam untuk sepatu bermerek dalam ukuran Eropa yang memiliki ukuran yang berbeda pada ukuran US. Mohon periksa pada bagian insoles untuk ukuran kaki Anda)

  5. Siapa yang akan menanggung biaya pengembalian barang?
    Tinkerlust hanya akan menanggung biaya pengembalian jika kesalahan Ada pada pihak kami

  1. Apa yang harus saya persiapkan sebelum Tinkerlust mengambil barang saya?
    Anda perlu mempersiapkan box atau kantong untuk menyimpan barang Anda. Dan jangan lupa beri nama, alamat , dan no telp pada box tersebut agak tidak tertukar dengan barang lain yang masuk ke Tinkerlust.

  2. Dapatkah saya mengambil barang saya di tengah-tengah proses pengiriman? Bagaimana jika saya ingin mengambil kembali barang-barang saya?
    Barang Anda hanya dapat dikembalikan setelah 3 bulan barang tersebut kami simpan dan tidak terjual. Jika sebelum 3 bulan anda ingin mengambil barang tersebut, anda akan dikenakan biaya sebesar RP 100,000.

  3. Apabila Tinkerlust mengembalikan barang saya, siapa yang akan menanggung biaya pengiriman?
    Tinkerlust akan menanggung biaya pengembalian barang kepada penjual.